Pages

Troubleshooting pada Power Supply

Pernahkah Anda mengalami hal yang menjengkelkan ketika beraktivitas dengan komputer? Misalnya saja ketika Anda sedang membuat laporan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, lalu tiba-tiba komputer Anda mengalami hang atau crass. Atau ketika Anda asyik menonton film pada PC, lagi seru-serunya komputer Anda me-restart sendiri. Hal-hal seperti itulah yang terjadi ketika komputer Anda mengalami masalah, terutama pada aliran listriknya. Dan listrik pada komputer sangat erat hubunganya dengan normal dan tidaknya kinerja pada Power Supply (PS). PS terletak pada cassing komputer yang dapat dikenali dengan adanya colokan yang dapat dihubungkan dengan listrik PLN atau listrik dari stop kontak. PS merupakan alat yang berperan penting dalam urusan listrik pada komputer Anda. Secara singkatnya, PS ini mengubah listrik AC menjadi DC.

Kejadian-kejadian diatas merupakan gejala kerusakan pada PS. Komputer tiba-tiba me-restart sendiri, tiba-tiba komputer mengalami hang atau cras. Bahkan jika PS itu memang sudah di vonis rusak, ini akan berakibat komputer tidak dapat dihidupkan. Tapi dengan adanya kasus tersebut bukan berarti kita harus mengganti PS kita. Lakukan beberapa tes kebenaran untuk membuktikan bahwa PS tersebut memang layak di vonis rusak / error. Misalnya saja:
Mengganti PS yang Anda duga rusak dengan PS yang masih normal. Misalnya saja dengan PS komputer teman atau tetangga. Jika dengan digantinya PS tetapi kerusakan yang ditimbulkan tetap saja sama, lakukan langkah berikutnya. Tetapi jika komputer Anda sudah berjalan dengan normal kembali, yang harus Anda lakukan adalah pengganti PS untuk komputer Anda.
Coba memasang stabilizer pada komputer Anda. Karena ada kemungkinan me-restartnya komputer di pengaruhi oleh listrik PLN yang kurang stabil, sehingga mengakibatkan komputer Anda mengalami penurunan arus listrik dan berakibat komputer me-restart sendiri. Walaupun sebenarnya stabilizer ini merupakan peralatan yang di anjurkan untuk di gunakan pada komputer, tapi banyak juga pengguna komputer yang tidak terlalu peduli pada kegunaan stabilizer.

Komputer sering mengalami hang atau crass ketika menjalankan program tertentu, ini dapat juga di akibatkan karena ada masalah pada PS. Karena kinerja perangkat lain pada komputer juga membutuhkan aliran listrik, jika aliran listrik tersebut tidak normal atau tidak sesuai dengan aliran listrik yang di butuhkan oleh suatu perangkat dalam komputer, ini akan mengakibatkan perangkat tersebut tidak berjalan dengan baik. Dan dapat berakibat komputer hang atau crass.

Kerusakan seperti komputer me-restart sendiri atau komputer mengalami hang atau crass, dapat juga di sebabkan oleh virus komputer. Tapi dalam hal ini, kasus yang terjadi kita lihat dari sudut pandang pada kerusakan hardware.
BY
kompikita.web.id

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda tentang blog ini